PEMBERDAYAAN GURU DALAM PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA ANIMASI DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI KINEMASTER SEBAGAI WUJUD ERA DIGITALISASI DI BIDANG PENDIDIKAN

Authors

  • Yanti Arasi Sidabutar Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Sabar Dumayanti Sihombing Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Tarida Alvina Simanjuntak Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Marlina Agkris Tambunan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Leonita Maria Efipanias Manihuruk Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.61696/jurdian.v4i1.235

Keywords:

Era digital, metode animasi, pembelajaran bahasa

Abstract

Era digital memiliki tantangan dalam pembelajaran bahasa dapat dijawab melalui penerapan media animasi. Seiring dengan itu, pembuatan media animasi dalam membelajarkan siswa belum terlihat optimal maka tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan pembuatan media animasi kepada guru-guru dalam pembelajaran bahasa serta melihat keefektifan penggunaan media animasi dalam proses pembelajaran bahasa. Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah mencakup ceramah variatif disertai dengan praktek langsung. Hasil dari kegiatan ini adalah berupa kecakapan guru-guru dalam membuat media animasi terkhusus dalam pembelajaran bahasa. Sebelum adanya kegiatan ini masih sangat kecil persentasi guru yang dapat membuat dan menggunakan media animasi dalam pembelajaran. Terlihat antusiasme guru dalam kegiatan ini yaitu ≥ 95 % guru telah mampu membuat dan menggunakan media animasi dalam pembelajaran bahasa di SD 091537 Hutabayu. Hal ini sangat efektiv untuk membuat siswa tetap antusias mengikuti pembelajaran khususnya pada pembelajaran bahasa.

Downloads

Published

2024-02-06

How to Cite

Sidabutar, Y. A. ., Sihombing, S. D., Simanjuntak, T. A. ., Tambunan, M. A., & Manihuruk, L. M. E. . (2024). PEMBERDAYAAN GURU DALAM PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA ANIMASI DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI KINEMASTER SEBAGAI WUJUD ERA DIGITALISASI DI BIDANG PENDIDIKAN. Jurnal Pengabdian Bukit Pengharapan, 4(1), 91–97. https://doi.org/10.61696/jurdian.v4i1.235

Issue

Section

Articles